Posted by : Alundralatte Rabu, 28 Oktober 2015

Hai!
Udah lama ga ngeblog. Berdebu, nih. Cieilah.
Kalo lu nge follow gua di Instagram, lu pasti bakal tau kalo gua pernah ngespam di Instagram. bukan ngespam jual beli produk bayi. Tapi gua ngespam foto. Nah, kalau lu follow gua di Instagram, coba lihat profil gua. Profil Instagram gua udah agak rapi sekarang. Mau tahu caranya? Yuk!

BTW, itu akun gua. Mau follow, follow aja.

Caranya:
1. Bagi kalian yang pake Android, kalian bisa download aplikasi bernama "Giant Square". Aplikasinya gratis di Playstore. Gua biasanya kalo lagi males pake Giant Square.

2. Bagi kalian yang make Iphone, bisa coba app yang bernama Instatiling. Aplikasinya berbayar. Maaf ga gua pajang gambarnya.

Cara Manual (Adobe Photoshop):
1. Nah, perlu kalian ketahui, format kotak Instagram itu, 640X640PX. Jadi kalau kalian ingin membagi fotonya menjadi dua bagian, kalian membutuhkan setidaknya 1280X640PX.

2. Masukkan foto kalian.
3. Klik New. Nanti akan ada tabel yang muncul.
4. Di bagian Lebar, tulis 1280. Dan dibagian tinggi, 640. Kalian harus periksa formatnya harus pixel.
5. Kalian akan terbawa ke sebuah halaman putih. Disitulah kita akan berkerja.
6. Dipojok kanan bawah ada sebuah kolom, terdapat tulisan Layer. Disebelah tulisan Layer, ada gembok.
7. Klik gembok itu.
8. Untuk mengukur, gunakan penggaris, bukan penggaris sekolah, woi! Cari di menu View > Rulers.
9. Tarik penggarisnya dengan klik kiri bersamaan dengan menekan tombol Shift di keyboard.
10. Kita ke foto kita tadi. Jangan lupa, gemboknya kita klik dulu. (Gembok yang di foto kalian)
11. Drag foto kamu ke arah mana pun. Nanti otomatis akan diletakkan di tabel putih tadi.
12. Jika fotonya kegedean, kita kecilkan dulu. Windows: CTRL+T. Mac: CMD+T.
13. Jangan lupa klik tombol shift agar fotonya tetap proporsional.
14. Jika sudah pas, cari icon "Slice Tool". Tempatnya di icon Crop.
15. Potong deh sesuai dengan penggaris tadi.
16. Selanjutnya, cari di menu file, Save for web.
17. Kalian edit di situ.
18. Save dengan format JPEG.
19. Letak di folder kalian.
20. Pindahakan filenya ke HP lalu share ke Instagram.
Note: Kalau ingin mengupload foto yang bersambung seperti ini, yang harus kalian upload pertama kali adalah foto yang kanan.

Nah, seperti itu. Sebenarnya gua masih banyak foto bersambung di Instagram, Males aja diupload di Blog. Kalian lihat aja di Instagram gua @alundralatte.

Regards, Alundra.

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. Klo udah upload..awalnya rapi.trs pas di tmbh upload foto baru jadi acak2an..itu gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kaya gitu gan, coba deh ntar kalo tambah 3 foto pasti tersusun lagi.

      Hapus
    2. Emang kaya gitu gan, coba deh ntar kalo tambah 3 foto pasti tersusun lagi.

      Hapus

Welcome to My Blog

Follow

Popular Post

Alundra Laguna Shaputra

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Alundra Laguna Shaputra -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -